Langsung ke konten utama

Pentingnya Pembelajaran Inklusif di Satuan Pendidikan

Massa dan Berat dalam Biomekanika

MASSA BERAT DALAM BIOMEKANIKA  


Halo semuanya, saya harap semuanya dalam keadaan terbaik dan diberikan kemudahan di segala urusan dann dilimpahkan rezekinya, amiin.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan konsep-konsep mekanika dasar, pembahasan meliputi gaya gravitasi. Meskipun gaya ini dapat membantu seorang atlet, tetapi dalam beberapa cabang olahraga seperti nomor lompat dan lempar, gravitasi merupakan lawan yang paling berat dihadapi atlet.

Cabor Atletik Lompat tinggi. Sumber: istockphoto.com

Cabor Atletik Tolak Peluru: Sumber: pixabay.com

Sehingga kita perlu mengetahui beberapa karakteristik dari gaya ini. Selain itu pula pada bagian ini akan dibahas bagaimana kaitan antara massa dan berat.

A. MASSA
Apa sepebarnya yang dimaksud dengan massa tubuh? Massa berarti substansi atau materi. Jika suatu benda mempunyai substansi dan mengisi ruang yang ditempatinya, maka benda tersebut mempunyai massa. Apa yang lebih penting jika benda memiliki massa maka benda dapat menarik benda lainnya yang sama-sama memiliki massa.

Tubuh atlet tersusun dari otot-otot, tulang-tulang, lemak, jaringan dan cairan. Semuanya merupakan substansi atau materi dan memiliki massa. Jadi atleet mempunyai massa, menarik bumi dan bumi mempunyai massa yang juga menarik tubuh atlet. 

Seorang pegulat kelas berat mempunyai massa yang lebih besar dari pada seorang pesenam yang massanya lebih kecil. Gaya tarik menarik antara bumi dan pegulat akan lebih besar dari pada gaya tarik menarik antara bumi dengan pesenam. Hal ini akan terlihat aada timbangan.

Atlet Pegulat. Sumber: pixabay.com

Atlet Pesenam Gym. Sumber: pixabay.com


B. BERAT
Dalam istilah mekanika, istilah berat tubuh menunjukan besarnya tarikan gaya gravitasi pada tubuh dan sebaliknya tarikan tubuh terhadap permukaan bumi. Pada timbangan menunjukan seberapa besar tarikan diantara keduanya. Bumi menarik tubuh kebawah dann begitu pula tubuh menarik bumi ke atas. 

Besarnya gaya tarik antara tubuh dan permukaan bumi tergantung pada seberapa besar massa yang dimiliki oleh tubub dan bumi. Semakin besar gaya tariknya maka skala timbangan akan menunjukan angka yang besar.

Sehingga atlet yang mempunyai masa tubuh yang besar akan mampu menekan per/pegas lebih kuat dari pada atlet yang mempunyai massa tubuh yang lebih ringan. 

Seseorang sedang menaiki timbangan. Sumber: pixabay.com

C. HUBUNGAN ANTARA BERAT DAN MASSA
Gaya gravitasi bumi menyebar dari intinya seperti riakan yang disebabkan oleh lemparan batu pada kolam air. Semakin dekat posisi kita ke inti bumi maka akan semakin besar gaya tariknya.

Karena bentuk bumi tidak bulat sempurna maka seorang atlet akan lebih jauh dari inti bumi bila berdiri di equator dari pada berdiri di kutub utara atau selatan. Akibatnya seorang atlet atau alat seperti lembing sedikit lebih ringan di equator dari pada di daerah kutub.

Jika seorang atlet memanjat Puncak gunung di equator berada jauh dari inti bumi, maka beratnya akan semakin berkurang. Seorang atlet yang beratnya 200 lb di kutub akan mempunyai berat sebesar 198,94 lb pada ketinggian laut di equator dan berat 200 lb pada ketinggian laut akan berubah menjadi 199,77 lb pada ketinggian 12.000ft. 

Beberapa atlet sedang mendaki gunung. Sumber: pixabay.com


Adanya dedikit perubahan tersebut menunjukan bahwa berat tubuh atlet merupakan fungsi dari variasi dalaam tarikan gravitasi bumi terhadap massa tubuh atlet. Massa tubuh atlet dapat tetsp konstan namun berat tubuhnya dapat berubah-ubah, tergantung pada di bagiann mana atlet berada di permukaan bumi.

Prinsip yang sama berlaku untuk beratnya besi tolak peluru, lembing atau peralatan lain yang digunakan dalam berbagai cabang olahraga. Pastikan untuk memahami hubungan antara berat dan massa.Meskipun berat dan massa berbeda, perbedaan ini tidak begitu penting dalam olahraga, karena kebanyakan keterampilan cabang olahraga terjadi atau dilakukan mendekati permukaan bumi. 

Dengan kondisi ini berat dan massa mengalami proporsi yang sama, yaitu seorang atlet yang mempunyai ukuran berat yang lebih besar dari atlet lain juga memiliki ukuran massa yang lebih besar pula.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Footwork, Sikap, dan Posisi dalam Permainan Bulutangkis

FOOTWORK Setelah kita mempelajari bagaimana cara memegang raket yang benar, nah sekarang kita akan membahas gerakan footwork, sikap, dan posisi dalam permainan bulutangkis.  Footwork adalah gerak kaki untuk mendekatkan diri pada posisi jatuhnya shuttlecock, sehingga pemain dapat melakukan pukulan dengan mudah.  Pemain bulutangkis (Gideon) sedang melakukan footwork ke belakang untuk menjangkau shuttlecock. Sumber: kompas.com Footwork dapat dilakukan maju, mundur, ke kiri, kanan, atau menyudut dengan titik pusatnya adalah selalu berada di tengah lapangan. Arah footwork. Sumber: Bulutangkis Otodidak Sebagai dasar Kerja kaki, setiap kali setelah melakukan pukulan atlet harus segera kembali ke posisi siap ditengah lapangan. Yang lebih penting adalah atlet hendaknya tidak bergerak pada saat lawan melakukan pukulan. Kerja kaki sangat penting karena atlet tidak mungkin dapat memukul secara efisien atau mengontrol shuttlecock, bila ia tidak bera...

Menelaah Rencana Pembelajaran, mengisi Rubrik Checklist dengan prinsip Understanding by Design

                                      Sumber: Lektur.ID Halo Bapak/Ibu Guru hebat, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Rubrik Checklist tentang perencanaan pembelajaran dengan pendekatan Understanding by Design dengan menyiapkan  RPP/modul ajar yang kita punya untuk menelaah sejauh mana perencanaan pembelajaran yang sudah kita rancang, apakah sudah relevan atau belum dengan cara mengisi rubrik checklist di bawah ini. Rubrik ini memandu Bapak/Ibu guru dalam merefleksikan perencanaan pembelajaran dengan pendekatan UbD. Dengan demikian, Bapak/Ibu guru dapat mengetahui sejauh mana perencanaan pembelajaran tersebut relevan dengan prinsip UbD. Berikut Contoh gambar rubrik checklist perancangan pembelajaran dengan prinsip Understanding by Design Untuk mengisi rubrik tersebut silahkan di checklist sesuai keadaan RPP/Modul ajar yang Bapak/I...

Pentingnya Pembelajaran Inklusif di Satuan Pendidikan

PENTINGNYA PEMBELAJARAN INKLUSIF DI SATUAN PENDIDIKAN Aksi Nyata Tentang " Pendidikan Inklusif itu Mudah Bukan?"                                        Sumber: HaloPedeka Halo Bapak/Ibu Guru hebat, pada kesempatan ini perkenankan saya untuk berbagi aksi nyata membuat jurnal tentang pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus/ABK, mohon berikan masukan atau umpan balik ya Bapak/Ibu, karena masukan atau umpan balik dari Bapak/Ibu sangat membantu saya dalam menyempurnakan aksi nyata ini, berikut pemaparan dari saya:                       PENGERTIAN PENDIDIKAN INKLUSIF 1. Menurut UNESCO Suatu pendekatan pendidikan yang diarahkan untuk memastikan bahwa semua anak, termasuk mereka yang berkebutuhan khusus, menerima pendidikan yang relevan, bermakna, dan bermutu di sekolah setempat. Ini mencakup pendekatan ramah anak, lingkungan yang i...