Langsung ke konten utama

Pentingnya Pembelajaran Inklusif di Satuan Pendidikan

Istilah, Aspek, dan Tingkatan dalam Pencak Silat

PENCAK SILAT

Pancak silat atau silat adalah seni beladiri Asia yang berasal dari budaya Melayu terutama Indonesia. Seni beladiri ini meluas sampai Malaysia, Brunei, Singapura, Thailand, dan negara-negara yang ada di Asia.

Beladiri silat diperkirakan menyebar di kepulauan Nusantara Indonesia sejak abad ke 7 Masehi. Meskipun demikian, saat ini silat telah diakui sebagai budaya suku melayu, termasuk Indonesia yang merupakan rumpun suku Melayu.

Pesilat. Sumber: indonesia.go.id



ISTILAH DALAM PENCAK SILAT

Dalam pencak silat terdapat istilah-istilah sebagai berikut.

Sikap dan Gerak
Pencak silat adalah sistem yang terdiri dari sikap/posisi dan gerak-gerik/pergerakan. Seorang pesilat bergerak ketika bertarung. Sikap dan gerakannya berubah mengikuti perubahan posisi lawan secara berkelanjutan. 

Teknik
Jenis pencak silat banyak macamnya dari teknik bertahan dan menyerang. Pesilat biasanya menggunakan tangan, siku, lengan, kaki, lutut, dan telapak kaki dalam serangan. Teknik umum termasuk tendangan, pukulan, sandungan, sapuan, mengunci, melempar, menahan, mematahkan, tulang sendi, dan masih banyak lagi.

Jurus
Pesilat berlatih dengan jurus-jurus. Jurus adalah rangkaian gerakan dasar untuk tubuh bagian atas dan bawah, yang digunakan sebagai panduan untuk menguasai penggunaan teknik-teknik lanjutan pencak silat, saat dilakukan untuk berlatih secara tunggal atau berpasangan. Penggunaan langkah atau gerakan kecil tubuh, menfajarkan penggunaan pengaturan kaki. Saat digabungkan, itulah dasar pesan atay alirsn seluruh tubuh.

Pesilat muda sedang melakukan gerakan jurus. Sumber: bandung.go.id



ASPEK DALAM PENCAK SILAT
Terdapat empat aspek utama dalam pencak silat, yaitu.

Aspek Mental Spiritual
Pencak silat membangun dan mengembangkan kepribadian serta karakter mulia seseorang. Para pendekar dan mahaguru pencak silat zaman dahulu seringkali harus melewati tahapan semedi, tapa, meditasi, atau aspek kebatinan lain untuk mencapai tingkat tertinggi keilmuannya.

Meditasi. Sumber: Perguruan Tahta Mataram

Aspek Seni Budaya
Budaya dan permainan seni pencak silat  adalah salah satu aspek yang sangat penting. Istilah pencak silat pada umumnya menggambarkan bentuk seni tarian pencak sikat, dengan musik dan busana tradisional.

Silat Sebagai Seni Budaya Sumber: cendananews.com

Aspek Beladiri
Kepercayaan dan ketekunan diri sangat penting dalam menguasai ilmu beladiri dalam pencak silat. Istilah silat, cenderung menekankan pada aspek kemampuan teknis bela diri pencak silat.

Aspek Olahraga
Aspek fisik dalam pencak silat sangat penting. Pesilat mencoba menyesuaikan pikiran dengan olah tubuh. Kompetisi adalah bagian dari aspek ini. Aspek olahraga meliputi pertandingan dan demonstrasi bentuk-bentuk jurus, baik untuk tunggal, ganda atau regu.



TINGKATAN 

Setiap perguruan pencak silat memiliki teknik yang berbeda satu sama lain. Banyak aliran yang menemukan asalnya dari pengamatan atas perkelahian binatang liar. Silat-silat harimau dan monyet adalah contoh dari aliran-aliran tersebut.

Dalam pencak silat, pesilat dibagi menjadi beberapa tahap atau tingkat kemahiran, yaitu:

Pemula
Diajarkan semua yang bersifat dasar seperti kuda-kuda, teknik tendangan, pukulan, tangkisan, elakan, tangkapan, bantingan, olah tubuh, maupun rangkaian jurus dasar perguruan, dan jurus standar IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia).

Menengah
Pada tahapan ini, pesilat lebih difokuskan pada aplikasi semua gerakan, pemahaman, variasi, dan disini akan mulai terlihat minat dan bakat pesilat. Sehingga hal tersebut akan disalurkan kepada masing-masing cabang, misalnya olahraga dan seni budaya.

Pelatih
Hasil dari kemampuan yang matang berdasarkan pengalaman pada tahap pemula dan menengah akan membuat pesilat melangkah ke tahap selanjutnya, ketika mereka akan diberikan teknik-teknik beladiri perguruan. Teknik ini hanya diberikan kepada orang yang memang dipercaya dan mampu secara teknik maupun moral karena biasanya teknik beladiri merupakan teknik tempur yang sangat efektif dalam melumpuhkan lawan.

Seorang elatih yang sedang melatih atletnya untuk persiapan kejuaraan. Sumber: liputan6.com


Pendekar
Pendekar merupakan pesilat yang telah diakui oleh pera sesepuh perguruan, mereka akan mewarisi ilmu-ilmu rahasia tingkat tinggi.

Pendekar merupakan Pesilat yg sudah banyak pengalamannya sehingga bisa menjadi panutan dan sangat dihormati di perguruannya maupun perguruan lainnya. Sumber: antaranews.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Footwork, Sikap, dan Posisi dalam Permainan Bulutangkis

FOOTWORK Setelah kita mempelajari bagaimana cara memegang raket yang benar, nah sekarang kita akan membahas gerakan footwork, sikap, dan posisi dalam permainan bulutangkis.  Footwork adalah gerak kaki untuk mendekatkan diri pada posisi jatuhnya shuttlecock, sehingga pemain dapat melakukan pukulan dengan mudah.  Pemain bulutangkis (Gideon) sedang melakukan footwork ke belakang untuk menjangkau shuttlecock. Sumber: kompas.com Footwork dapat dilakukan maju, mundur, ke kiri, kanan, atau menyudut dengan titik pusatnya adalah selalu berada di tengah lapangan. Arah footwork. Sumber: Bulutangkis Otodidak Sebagai dasar Kerja kaki, setiap kali setelah melakukan pukulan atlet harus segera kembali ke posisi siap ditengah lapangan. Yang lebih penting adalah atlet hendaknya tidak bergerak pada saat lawan melakukan pukulan. Kerja kaki sangat penting karena atlet tidak mungkin dapat memukul secara efisien atau mengontrol shuttlecock, bila ia tidak bera...

Menelaah Rencana Pembelajaran, mengisi Rubrik Checklist dengan prinsip Understanding by Design

                                      Sumber: Lektur.ID Halo Bapak/Ibu Guru hebat, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Rubrik Checklist tentang perencanaan pembelajaran dengan pendekatan Understanding by Design dengan menyiapkan  RPP/modul ajar yang kita punya untuk menelaah sejauh mana perencanaan pembelajaran yang sudah kita rancang, apakah sudah relevan atau belum dengan cara mengisi rubrik checklist di bawah ini. Rubrik ini memandu Bapak/Ibu guru dalam merefleksikan perencanaan pembelajaran dengan pendekatan UbD. Dengan demikian, Bapak/Ibu guru dapat mengetahui sejauh mana perencanaan pembelajaran tersebut relevan dengan prinsip UbD. Berikut Contoh gambar rubrik checklist perancangan pembelajaran dengan prinsip Understanding by Design Untuk mengisi rubrik tersebut silahkan di checklist sesuai keadaan RPP/Modul ajar yang Bapak/I...

Pentingnya Pembelajaran Inklusif di Satuan Pendidikan

PENTINGNYA PEMBELAJARAN INKLUSIF DI SATUAN PENDIDIKAN Aksi Nyata Tentang " Pendidikan Inklusif itu Mudah Bukan?"                                        Sumber: HaloPedeka Halo Bapak/Ibu Guru hebat, pada kesempatan ini perkenankan saya untuk berbagi aksi nyata membuat jurnal tentang pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus/ABK, mohon berikan masukan atau umpan balik ya Bapak/Ibu, karena masukan atau umpan balik dari Bapak/Ibu sangat membantu saya dalam menyempurnakan aksi nyata ini, berikut pemaparan dari saya:                       PENGERTIAN PENDIDIKAN INKLUSIF 1. Menurut UNESCO Suatu pendekatan pendidikan yang diarahkan untuk memastikan bahwa semua anak, termasuk mereka yang berkebutuhan khusus, menerima pendidikan yang relevan, bermakna, dan bermutu di sekolah setempat. Ini mencakup pendekatan ramah anak, lingkungan yang i...