Langsung ke konten utama

Pentingnya Pembelajaran Inklusif di Satuan Pendidikan

Prinsip-Prinsip yang Harus Diketahui Sebelum Mengajar Renang, Guru Olahraga Harus Tahu!

PRINSIP-PRINSIP MENGAJAR BERENANG

Sebelum membicarakan masalah-masalah teknik berenang untuk tiap-tiap gaya renang, sebagai guru atau calon guru olahraga, maka perlu mengetahui lebih dahulu bagaimana melakukan gerakkan-gerakan yang benar. Mengapa harus dilakukan demikian, apa alasan-alaasannya. Pertanyaan-pertanyaan tersebut diatas, maka perlu mengetahui lebih dahulu mengenai Prinsip-prinsip mengajar berenang sebagai berikut:

1. PRINSIP PSIKILOGI
Prinsio psikologi adalah suatu prinsip yang berhubungan dengan faktor-faktor kejiwaan. Di dalam faktor kejiwaan tersebut terdapat beberapa unsur yang harus ada dan harus berkembang, supaya di dalam belajar berenang dapat menguasainya dengan baik dan cepat. Unsur-unsur tersebut antara lain:

a.) Unsur Kesenangan
Anak akan belajar berenang karena adanya unsur senang untuk melakukan olahraga renang. Mereka akan belajar berenang karena tertarik pada olahraga renang. Tanpa adanya rasa senang terhadap berenang anak tidak mungkin datang ke kolam untuk berenang. Karena adanya rasa senang pada berenang, maka anak tidak akan memperdulikan dinginnya air dan lamanya waktu yang terbuang untuk belajar berenang. Kesenangan berenang harus timbul sewaktu anak akan belajat berenang, oleh sebab itubseorang guru renang harus mampu untuk menimbulkan rasa senang kepada anak didiknya.

Foto seorang anak senang berenang. Sumber: tirto.id

Setelah timbul rasa senang untuk belajar berenang, maka gairah untuk belajar berenang diharapkan akan menjadi besar. Ini akan terjadi bila anak-anak diberi kebebasan untuk bermain-main di air, kejar-kejaran, dan berbagai kegiatan selama di air. Kesenangan harus timbul dari jiwa anak, dan hal ini akan memberikan kegembiraan yang tiada terhingga. Kegembiraan semacam ini sangat diperlukan untuk perkembangan jiwa anak. Terutama bagi anak-anak yang di rumah atau di sekolah jiwanya selalu merasa tertekan. Dengan melakukan berbagai permainan dan aktivitas di air anak akan melupakan segala tekanan baik di rumah maupun di sekolah.


b.) Unsur Keberanian
Unsur ini sangat penting untuk dapat belajar berenang secara efektif, terutama bagi anak-anak sekolah. Tanpa modal keberanian, anak sulit sekali belajar berenang. Rasa takut ini sering terjadi  pada setiap orang, baik anak-anak maupun orang dewasa yang baru pertama kali melihat kolam renang. Anak atau orang dewasa yang penakut tidak akan berani memasukkan mukanya ke dalam air, tidak akan berani mengapung ataupun meluncur di atas permukaan air.

Untuk dapat belajat berenang dengan efektif pupuk dan kembangkanlah rasa keberanian ini. Rasa takut akan hilang setelah yang membuat rasa takut tersebut dicoba dan ternyata tidak mengakibatkan apa-apa, maka akan hilang rasa takut tadi. Setelah perasaan takut itu hilang, timbullah keberanian untuk mencoba semua yang tadinya dirasa menakutkan.

Dan janganlah menghilangkanbrasa takut itu dengan paksaan, biarlah keberanian itu timbul dari dalam diri merekabbaik secara disadari maupun tidak. Menimbulkan keberanian perlu metode yang tepat dan penuh kesabaran.

c.) Unsur Percaya pada Diri Sendiri
Guru Olahraga harus mempunyai keyakinan bahwa pada hakekatnya setiap anak selalu mempunyai kepercayaan pada diri sendiri untuk dapat melakukan apa saja yang dapat dilakukan oleh orang lain. Untuk dapat belajar berenang kepercayaan pada diri sendiri sangat diperlukan. Pertolongan orang lain hanya diperlukan selama orang belum dapat mengapung dan meluncur diatas permukaan air. Sesudah dapat memgapung dan meluncur anak harus dapat melakukan sendiri apa yang diperintahkan guru.

Seorang anak yang terlihat percaya diri saat berenang. Sumber: orami.co.id

Anak harus berkeyakinan bahwa saya dapat melakukan sendiri apa yang harus dilakukan tanpa pertolongan orang lain atau guru.Percaya pada diri sendiri harus ada pada benak masing-masing anak. Tanya ada kepercayaan kepada diri sendiri maka belajar berenang akan sulit dan lambat sekai.

d.) Unsur Keuletan
Belajar berenang tidak semudah seperti apa yang terdapat dalam teori. Tidak ada secepat seperti yang dibayangkan. Untuk berani memasukkan muka ke dalam air, dapat mengapung dan meluncur diatas permukaan air, kadang-kadang membutuhkan kesabaran, keuletan, dan tidak cepat bosan. Pada pokoknya supaya pelajaran berenang dapat dikuasai dengan mudah, prinsip psikologi tersebut di atas harus ditanamkan pada anak dan terus dikembangkan setahap demi setahap.

2. PRINSIP PERTUMBUHAN
Pada anak-anak yang berumur 6 sampai 12 tahun, merupakan masa-masa pertumbuhan. Untuk merangsang pertumbuhan badan yang baik, dibutuhkan beberapa faktor, yaitu:

a.) Makanan, artinya makanan yang dimakan harus mencukupi untuk kebutuhan sebagai pengganti tenaga yang dipakai dan mencukupi untuk pertumbuhan.

b.) Kesempatan bergerak, pastikan anak mendapat kesempatan bergerak untuk mengembangkan motoriknya.

c.) Pekerjaan, biasakan anak melakukan aktivitas seperti melakukan pekerjaan sehari-hari seperti membantu pekerjaan orang tua dirumah, sehingga anak tidak pasif.

Aktivitas fisik dan makanan 4 sehat 5 sempurna sangat penting dalam pertumbuhan anak. Sumber: hellosehat.com


Bila kita lihat keadaan waktu sekolah anak akan duduk terus menerus mengikuti pelajaran. Keadaan semacam ini akan menghambat pertumbuhan anak. Berenang adalah salah satu cara menghilangkan atau mengurangi gangguan-gangguan yang diperoleh sebagai akibat duduk terlalu lama di dalam kelas. Di Samping itu, rangsang dingin yang kita peroleh dari air, mempunyai pengaruh yang baik bagi tubuh kita dan menyebabkan perasaan segar pula.

3. PRINSIP PRAKTIS
Berenang dapat dilakukan oleh siapa saja, tidak mengenal perbedaan jenis kelamin, perbedaan umur, tua muda, semua nisa melakukannya. Berenang sangat ekonomis, karena dengan uang yang sangat sedikit saja orang dapat masuk ke kolam renang dan berenang sepuas-puasnya. Praktis dapat dilakukan kapan saja, tidak mengenal waktu, dapat dilakukan pada siang hari maupun sore hari, selain itu dapat juga dilakukan perorangan.

Mungkin itu saja ulasan tentang prinsip-prinsip yang harus diketahui sebelum mengajar berenang kepada anak didik kita, semoga bermanfaat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Footwork, Sikap, dan Posisi dalam Permainan Bulutangkis

FOOTWORK Setelah kita mempelajari bagaimana cara memegang raket yang benar, nah sekarang kita akan membahas gerakan footwork, sikap, dan posisi dalam permainan bulutangkis.  Footwork adalah gerak kaki untuk mendekatkan diri pada posisi jatuhnya shuttlecock, sehingga pemain dapat melakukan pukulan dengan mudah.  Pemain bulutangkis (Gideon) sedang melakukan footwork ke belakang untuk menjangkau shuttlecock. Sumber: kompas.com Footwork dapat dilakukan maju, mundur, ke kiri, kanan, atau menyudut dengan titik pusatnya adalah selalu berada di tengah lapangan. Arah footwork. Sumber: Bulutangkis Otodidak Sebagai dasar Kerja kaki, setiap kali setelah melakukan pukulan atlet harus segera kembali ke posisi siap ditengah lapangan. Yang lebih penting adalah atlet hendaknya tidak bergerak pada saat lawan melakukan pukulan. Kerja kaki sangat penting karena atlet tidak mungkin dapat memukul secara efisien atau mengontrol shuttlecock, bila ia tidak bera...

Menelaah Rencana Pembelajaran, mengisi Rubrik Checklist dengan prinsip Understanding by Design

                                      Sumber: Lektur.ID Halo Bapak/Ibu Guru hebat, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Rubrik Checklist tentang perencanaan pembelajaran dengan pendekatan Understanding by Design dengan menyiapkan  RPP/modul ajar yang kita punya untuk menelaah sejauh mana perencanaan pembelajaran yang sudah kita rancang, apakah sudah relevan atau belum dengan cara mengisi rubrik checklist di bawah ini. Rubrik ini memandu Bapak/Ibu guru dalam merefleksikan perencanaan pembelajaran dengan pendekatan UbD. Dengan demikian, Bapak/Ibu guru dapat mengetahui sejauh mana perencanaan pembelajaran tersebut relevan dengan prinsip UbD. Berikut Contoh gambar rubrik checklist perancangan pembelajaran dengan prinsip Understanding by Design Untuk mengisi rubrik tersebut silahkan di checklist sesuai keadaan RPP/Modul ajar yang Bapak/I...

Pentingnya Pembelajaran Inklusif di Satuan Pendidikan

PENTINGNYA PEMBELAJARAN INKLUSIF DI SATUAN PENDIDIKAN Aksi Nyata Tentang " Pendidikan Inklusif itu Mudah Bukan?"                                        Sumber: HaloPedeka Halo Bapak/Ibu Guru hebat, pada kesempatan ini perkenankan saya untuk berbagi aksi nyata membuat jurnal tentang pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus/ABK, mohon berikan masukan atau umpan balik ya Bapak/Ibu, karena masukan atau umpan balik dari Bapak/Ibu sangat membantu saya dalam menyempurnakan aksi nyata ini, berikut pemaparan dari saya:                       PENGERTIAN PENDIDIKAN INKLUSIF 1. Menurut UNESCO Suatu pendekatan pendidikan yang diarahkan untuk memastikan bahwa semua anak, termasuk mereka yang berkebutuhan khusus, menerima pendidikan yang relevan, bermakna, dan bermutu di sekolah setempat. Ini mencakup pendekatan ramah anak, lingkungan yang i...