- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
PRINSIP-PRINSIP MENGAJAR BERENANG
1. PRINSIP PSIKILOGI
Prinsio psikologi adalah suatu prinsip yang berhubungan dengan faktor-faktor kejiwaan. Di dalam faktor kejiwaan tersebut terdapat beberapa unsur yang harus ada dan harus berkembang, supaya di dalam belajar berenang dapat menguasainya dengan baik dan cepat. Unsur-unsur tersebut antara lain:
a.) Unsur Kesenangan
Anak akan belajar berenang karena adanya unsur senang untuk melakukan olahraga renang. Mereka akan belajar berenang karena tertarik pada olahraga renang. Tanpa adanya rasa senang terhadap berenang anak tidak mungkin datang ke kolam untuk berenang. Karena adanya rasa senang pada berenang, maka anak tidak akan memperdulikan dinginnya air dan lamanya waktu yang terbuang untuk belajar berenang. Kesenangan berenang harus timbul sewaktu anak akan belajat berenang, oleh sebab itubseorang guru renang harus mampu untuk menimbulkan rasa senang kepada anak didiknya.
Setelah timbul rasa senang untuk belajar berenang, maka gairah untuk belajar berenang diharapkan akan menjadi besar. Ini akan terjadi bila anak-anak diberi kebebasan untuk bermain-main di air, kejar-kejaran, dan berbagai kegiatan selama di air. Kesenangan harus timbul dari jiwa anak, dan hal ini akan memberikan kegembiraan yang tiada terhingga. Kegembiraan semacam ini sangat diperlukan untuk perkembangan jiwa anak. Terutama bagi anak-anak yang di rumah atau di sekolah jiwanya selalu merasa tertekan. Dengan melakukan berbagai permainan dan aktivitas di air anak akan melupakan segala tekanan baik di rumah maupun di sekolah.
Baca Juga : Gerak Dasar Renang Gaya Dada
b.) Unsur Keberanian
Unsur ini sangat penting untuk dapat belajar berenang secara efektif, terutama bagi anak-anak sekolah. Tanpa modal keberanian, anak sulit sekali belajar berenang. Rasa takut ini sering terjadi pada setiap orang, baik anak-anak maupun orang dewasa yang baru pertama kali melihat kolam renang. Anak atau orang dewasa yang penakut tidak akan berani memasukkan mukanya ke dalam air, tidak akan berani mengapung ataupun meluncur di atas permukaan air.
Untuk dapat belajat berenang dengan efektif pupuk dan kembangkanlah rasa keberanian ini. Rasa takut akan hilang setelah yang membuat rasa takut tersebut dicoba dan ternyata tidak mengakibatkan apa-apa, maka akan hilang rasa takut tadi. Setelah perasaan takut itu hilang, timbullah keberanian untuk mencoba semua yang tadinya dirasa menakutkan.
Dan janganlah menghilangkanbrasa takut itu dengan paksaan, biarlah keberanian itu timbul dari dalam diri merekabbaik secara disadari maupun tidak. Menimbulkan keberanian perlu metode yang tepat dan penuh kesabaran.
c.) Unsur Percaya pada Diri Sendiri
Guru Olahraga harus mempunyai keyakinan bahwa pada hakekatnya setiap anak selalu mempunyai kepercayaan pada diri sendiri untuk dapat melakukan apa saja yang dapat dilakukan oleh orang lain. Untuk dapat belajar berenang kepercayaan pada diri sendiri sangat diperlukan. Pertolongan orang lain hanya diperlukan selama orang belum dapat mengapung dan meluncur diatas permukaan air. Sesudah dapat memgapung dan meluncur anak harus dapat melakukan sendiri apa yang diperintahkan guru.
Anak harus berkeyakinan bahwa saya dapat melakukan sendiri apa yang harus dilakukan tanpa pertolongan orang lain atau guru.Percaya pada diri sendiri harus ada pada benak masing-masing anak. Tanya ada kepercayaan kepada diri sendiri maka belajar berenang akan sulit dan lambat sekai.
d.) Unsur Keuletan
Belajar berenang tidak semudah seperti apa yang terdapat dalam teori. Tidak ada secepat seperti yang dibayangkan. Untuk berani memasukkan muka ke dalam air, dapat mengapung dan meluncur diatas permukaan air, kadang-kadang membutuhkan kesabaran, keuletan, dan tidak cepat bosan. Pada pokoknya supaya pelajaran berenang dapat dikuasai dengan mudah, prinsip psikologi tersebut di atas harus ditanamkan pada anak dan terus dikembangkan setahap demi setahap.
2. PRINSIP PERTUMBUHAN
Pada anak-anak yang berumur 6 sampai 12 tahun, merupakan masa-masa pertumbuhan. Untuk merangsang pertumbuhan badan yang baik, dibutuhkan beberapa faktor, yaitu:
a.) Makanan, artinya makanan yang dimakan harus mencukupi untuk kebutuhan sebagai pengganti tenaga yang dipakai dan mencukupi untuk pertumbuhan.
b.) Kesempatan bergerak, pastikan anak mendapat kesempatan bergerak untuk mengembangkan motoriknya.
c.) Pekerjaan, biasakan anak melakukan aktivitas seperti melakukan pekerjaan sehari-hari seperti membantu pekerjaan orang tua dirumah, sehingga anak tidak pasif.
Aktivitas fisik dan makanan 4 sehat 5 sempurna sangat penting dalam pertumbuhan anak. Sumber: hellosehat.com
Baca Juga: Gerak Dasar Renang Gaya Punggung
Bila kita lihat keadaan waktu sekolah anak akan duduk terus menerus mengikuti pelajaran. Keadaan semacam ini akan menghambat pertumbuhan anak. Berenang adalah salah satu cara menghilangkan atau mengurangi gangguan-gangguan yang diperoleh sebagai akibat duduk terlalu lama di dalam kelas. Di Samping itu, rangsang dingin yang kita peroleh dari air, mempunyai pengaruh yang baik bagi tubuh kita dan menyebabkan perasaan segar pula.
3. PRINSIP PRAKTIS
Berenang dapat dilakukan oleh siapa saja, tidak mengenal perbedaan jenis kelamin, perbedaan umur, tua muda, semua nisa melakukannya. Berenang sangat ekonomis, karena dengan uang yang sangat sedikit saja orang dapat masuk ke kolam renang dan berenang sepuas-puasnya. Praktis dapat dilakukan kapan saja, tidak mengenal waktu, dapat dilakukan pada siang hari maupun sore hari, selain itu dapat juga dilakukan perorangan.
Mungkin itu saja ulasan tentang prinsip-prinsip yang harus diketahui sebelum mengajar berenang kepada anak didik kita, semoga bermanfaat.
Komentar
Posting Komentar
Jika ada yang ditanyakan, silahkan berkomentar