Langsung ke konten utama

Pentingnya Pembelajaran Inklusif di Satuan Pendidikan

Menelaah Rencana Pembelajaran, mengisi Rubrik Checklist dengan prinsip Understanding by Design

                                      Sumber: Lektur.ID

Halo Bapak/Ibu Guru hebat, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Rubrik Checklist tentang perencanaan pembelajaran dengan pendekatan Understanding by Design dengan menyiapkan  RPP/modul ajar yang kita punya untuk menelaah sejauh mana perencanaan pembelajaran yang sudah kita rancang, apakah sudah relevan atau belum dengan cara mengisi rubrik checklist di bawah ini.

Rubrik ini memandu Bapak/Ibu guru dalam merefleksikan perencanaan pembelajaran dengan pendekatan UbD. Dengan demikian, Bapak/Ibu guru dapat mengetahui sejauh mana perencanaan pembelajaran tersebut relevan dengan prinsip UbD.

Berikut Contoh gambar rubrik checklist perancangan pembelajaran dengan prinsip Understanding by Design

Untuk mengisi rubrik tersebut silahkan di checklist sesuai keadaan RPP/Modul ajar yang Bapak/Ibu buat,dan buat kesimpula, kemudian poin berapa saja yang perlu diperbaiki. 

klik link di bawah ini untuk mulai mengisi rubrik checklist

Berikut dokumentasi dari rekan sejawat saya yang sudah menelaah rancangan pembelajaran yang mereka buat dengan rubrik checklist dengan prinsip Understanding by Design.
                                          Gambar 1




                                             Gambar 2


                                         
Dari hasil telaah diatas dapat disimpulkan bahwa beberapa guru masih belum efektif dalam merancang pembelajaran yang efektif dan bermakna bagi peserta didik, namun dengan mengisi rubrik tersebut diharapkan guru bisa memahami dan mulai menyempurnakan rencana pembelajaran yang sudah ada dengan prinsip Understanding by Design secara sistematis, dan terukur.



                                          Kesimpulan
Dengan adanya prinsip Understanding by Design, merancang pembelajaran menjadi lebih matang dan terukur, melakukan asesmen yang tepat, maka tercapailah tujuan pembelajaran.

Jangan lupa tinggalkan kesan-kesannya di komentar saat mengisi rubrik cecklist ya bapak/ibu, terima kasih.

Komentar

  1. Cukup baik rencana pembelajaran yang dibuat, sesuai dengan prinsip UbD. Tetap semangat

    BalasHapus
  2. Sangat bermanfaat, bakal menjadi referensi saya untuk merancang pembelajaran dengan prinsip UbD, tetap semangat.

    BalasHapus
  3. Bagus artikelnya, jadi menambah ilmu pengetahuan tentang membuat rancangan pembelajaran dengan prinsip Understanding by Design, lanjutkan dan sukses selalu pak

    BalasHapus
  4. Sangat baik Rencana pembelajarannya jadi menambah pengetahuan dan wawasan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Jika ada yang ditanyakan, silahkan berkomentar

Postingan populer dari blog ini

Footwork, Sikap, dan Posisi dalam Permainan Bulutangkis

FOOTWORK Setelah kita mempelajari bagaimana cara memegang raket yang benar, nah sekarang kita akan membahas gerakan footwork, sikap, dan posisi dalam permainan bulutangkis.  Footwork adalah gerak kaki untuk mendekatkan diri pada posisi jatuhnya shuttlecock, sehingga pemain dapat melakukan pukulan dengan mudah.  Pemain bulutangkis (Gideon) sedang melakukan footwork ke belakang untuk menjangkau shuttlecock. Sumber: kompas.com Footwork dapat dilakukan maju, mundur, ke kiri, kanan, atau menyudut dengan titik pusatnya adalah selalu berada di tengah lapangan. Arah footwork. Sumber: Bulutangkis Otodidak Sebagai dasar Kerja kaki, setiap kali setelah melakukan pukulan atlet harus segera kembali ke posisi siap ditengah lapangan. Yang lebih penting adalah atlet hendaknya tidak bergerak pada saat lawan melakukan pukulan. Kerja kaki sangat penting karena atlet tidak mungkin dapat memukul secara efisien atau mengontrol shuttlecock, bila ia tidak bera...

Pentingnya Pembelajaran Inklusif di Satuan Pendidikan

PENTINGNYA PEMBELAJARAN INKLUSIF DI SATUAN PENDIDIKAN Aksi Nyata Tentang " Pendidikan Inklusif itu Mudah Bukan?"                                        Sumber: HaloPedeka Halo Bapak/Ibu Guru hebat, pada kesempatan ini perkenankan saya untuk berbagi aksi nyata membuat jurnal tentang pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus/ABK, mohon berikan masukan atau umpan balik ya Bapak/Ibu, karena masukan atau umpan balik dari Bapak/Ibu sangat membantu saya dalam menyempurnakan aksi nyata ini, berikut pemaparan dari saya:                       PENGERTIAN PENDIDIKAN INKLUSIF 1. Menurut UNESCO Suatu pendekatan pendidikan yang diarahkan untuk memastikan bahwa semua anak, termasuk mereka yang berkebutuhan khusus, menerima pendidikan yang relevan, bermakna, dan bermutu di sekolah setempat. Ini mencakup pendekatan ramah anak, lingkungan yang i...